Repeater, Bridge dan Nic

Perangkat Jaringan
Tentang
Repeater, Bridge, Nic

 Dua Komputer atau lebih dapat saling terhubung dan berbagi sumber data dikarenakan adanya perangkat jaringan yang menjembatani kedua komputer tersebut. Perangkat keras jaringan komputer merupakan perangkat yang digunakan untuk mencapai tujuan dari fungsi jaringan komputer itu sendiri, seperti berbagi sumber daya, berkomunikasi dan lain sebagainya.
Simak beberapa macam perangkat-perangkat jaringan komputer dibawah ini:

1. Repeater
        Pengertian repeater secara istilah dapat dikaji secara bahasa, repeater berasal dari bahasa inggris "repeat" yang berarti ulangi atau pengulangan. Dalam bahasa komputer jaringan bisa diartikan pengulangan transfer data signal sehingga menghasilkan kecepatan transfer data maksimal. Alat ini tentu sangat membantu untuk daerah atau wilayah yang memiliki akses jaringan internet yang lemah.
      Cara kerja dari repeater adalah dengan menerima sinyal dari server kemudian memancarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat dengan kata lain sinyal yang lemah dapat dipancarkan kembali menjadi lebih kuat dan luas. umumnya repeater terdiri dari antena untuk menerima sinyal, penguat sinyal, dan antena untuk mengirim sinyal.

Gambar Repeater

Kategori Repeater
=>  GSM 
Untuk komunikasi bergerak penguat isyarat bekerja pada frekuensi 900MHz dan 1800 MHz(GSM). Oleh karena hambatan yang terjadi antara base station dengan mobile station, misalnya karena struktur bangunan atau jarak yang jauh isyarat yang diterima oleh perangkat seluler dapat mempunyai kualitas yang rendah.
Kualitas sinyal yang rendah ini dapat mengakibatkan komunikasi menjadi terganggu, mulai dari putus-putus sampai drop call. Dengan penggunaan "GSM Repeater" maka isyarat yang lemah ini diambil dan dikuatkan dengan bantuan antena yagi untuk outdoor antena kemudian diteruskan melalui coaxial ke unit "repeater". Unit "repeater" ini difilter dengan band pass filter di frekuensi 800 atau 1800. kemudian disalurkan ke indoor antena melalui coaxial untuk dipancarkan ulang di dalam ruangan. Syarat utama penggunaan GSM repeater ini harus dapat minimal input sinyal.

=> CDMA
 CDMA bergerak pada frekuensi 800MHz, dan bekerja pada teknologi 2G. Frekuensi CDMA memang kurang memiliki sinyal yang baik jika dibandingkan dengan isyarat GSM.
Code Division Multiple Access(CDMA) adalah sebuah bentuk pemultipleksan(bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu.
Dengan penggunaan"CDMA Repeater" maka isyarat yang lemah ini diambil dan dikuatkan dengan bantuan antenna untuk outdoor antenna kemudian diteruskan melalui coaxial ke unit "repeater". Unit "repeater" ini difilter dengan band pass filter di frekuensi 800Mhz. Kemudian disalurkan ke indoor antenna  melalui coaxial untuk dipancarkan ulang didalam ruangan.

=> 3G
3G(dari bahasa inggris : third-generation technology) merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union(ITU) yang diadopsi dari IMT-2000[1] untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. 

Fungsi Repeater
- Memperluas jangkauan sinyal internet.
-  Menambah dan Mengoptimalkan sinyal Wifi.
- Mempercepat pengiriman dan penerimaan data.
- Mengurangi penggunaan jaringan.
- Sebagai pengganti router jika rusak.


2. Bridge
        Merupakan perangkat jaringan yang digunakan sebagai media pemecah jaringan yang besar ke jaringan lainnya, dengan kata lain Bridge adalah media yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN dengan LAN lainnya. Namun bridge juga dapat menghubungkan tipe jaringan kumputer berbeda-beda seperti misalnya jaringan Ethernet dan fast ethernet.
Bridge bekerja dengan mengenali alamat MAC asal yang mentransmisikan data ke jaringan dan secara otomatis membangun sebuah table internal. Tabel internal tersebut berfungsi untuk menentukan ke segmen mana paket di route dan menyediakan kemampuan filtering.

Jenis Bridge
Terdapat beberapa jenis bridge dalam jaringan komputer antara lain:
- Bridge Lokal
Yaitu bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal. Bridge yang mampu mengkoneksikan media kabel yang satu dengan media kabel lainnya.
- Bridge Remote
Merupakan bridge yang digunakan untuk membuat sebuah sambungan(link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
- Bridge Nirkabel
Adalah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN kabel dan jaringan LAN nirkabel atau beberapa media yang koneksinya media wireless.

Fungsi Bridge
- Menghubungkan 2 buah jaringan komputer LAN yang sejenis.
- Menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah baik itu tipe jaringan yang sama maupun berbeda.
- Sebagai router pada jaringan komputer yang luas atau "Bridge-Router".
- Mampu meng-copy frame data dari suatu jaringan yang lain.

Gambar Bridge


3. NIC(Network Internet Card)
        Adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.Sebuah NIC memiliki alamat khusus yaitu ethernet addres atau MAC addres. Tujuan adanya MAC addres adalah untuk menghindari tabrakan antar data di jaringan, alamat tersebut berupa kode heksa 48-bit. Setiap NIC memiliki alamat yang berbeda.
NIC bekerja pada lapisan fisik, dimana data dipecah menjadi bit kemudian dikirim melalui jaringan ke komputer lain yang kemudian dirangkai kembali menjadi utuh.

Fungsi NIC
- Melakukan transfer data ke komputer lain dengan terlebih dahulu mempersiapkan data dari komputer agar data dilewatkan ke media penghubung.
- Mengontrol aliran data (flow) antar komputer dan sistem perkabelan.
- Menerima data yang ditransfer dari komputer lain lewat kabel dan menterjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer.
 
Gambar Nic



Tugas Pertemuan 3
Jaringan Komputer
Dosen : Ibu Corie Mei Hellyana


Disusun Oleh :
Nuning Mardiyanti(12164767)
12.5A.21
AMIK BSI Purwokerto

 Dikutip dari :
1. https://www.nesabamedia.com/perangkat-jaringan-komputer/
2. https://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2016/09/pengertian-repeater-dan-fungsinya.html 
3. https://www.pro.co.id/pengertian-fungsi-prinsip-dan-alur-kerja-nic/
4. https://www.pro.co.id/pengertian-dan-fungsi-bridge-pada-jaringan-komputer/
5. https://blog.unnes.ac.id/ayukwitantri/2016/03/02/pengertian-dan-jenis-jenis-repeater/
6. Gambar dari Goggle Images

Komentar