Jenis jenis topologi jaringan

      Seiring dengan perkembangan jaman, banyak sekali penemuan-penemuan teknologi yang mana semakin memudahkan pekerjaan manusia. Dengan adanya teknologi tersebut segala pekerjaan dapat dengan mudah terselesaikan hanya dengan hitungan waktu saja. Bahkan banyak pula manfaat lain yang diberikan dari teknologi-teknologi tersebut.
Misalnya saja, jika dulunya sebuah komputer hanya bisa digunakan pada komputer tersebut, namun kini dapat tersambungkan satu sama lainnya dengan menggunakan topologi jaringan
      Yang dimaksudkan dengan topologi jaringan adalah aturan, skema, konsep ataupun cara yang digunakan agar dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Atau dapat didefinisikan sebagai pola hubungan pada komponen jaringan seperti workstation, server, dan pengkabelan.
      Masing-masing dari jenis topologi tentunya memiliki kelebihan dan keurangannya masing-masing. Langsung saja ke pembahasan jenis jenis topologi jaringan. 

1. Topologi Ring


Gambar topologi ring
Topologi ring merupakan jenis dari topologi jaringan yang mana bentuk dari rangkaiannya masing masing tersambung pada dua titik yang lainnya, Sehingga dapat membentuk seperti jalur lingkaran menyerupai cincin. Biasanya kabel yang digunakan pada topologi ring adalah kabel BNC yang tidak terdapat ujung sehingga tidak membutuhkan terminator.
Untuk membentuk jaringan cincin, maka setiap sentral perlu dihubungkan seri antara satu dengan yang lainnya sehingga akan membentuk hubungan loop tertutup. Dalam sistem topologi jaringan ini, setiap sentral memang dirancang untuk bisa berinteraksi dengan sentral yang jaraknya berdekatan ataupun berjauhan. Sehingga topologi ring ini memang memiliki kemampuan untuk bisa melakukan switching ke segala arah workstation.

Kelebihan Topologi Ring
  1. Mudah dalam perancangan serta mengimplementasikannya.
  2. Peforma topologi ring lebih baik jika dibandingkan dengan topologi bus, bahkan meskipun aliran data yang ada besar dan berat sekalipun.
  3. Mudah dalam melakukan konfigurasi serta installasi perangkat baru.

Kekurangan Topologi Ring
  1. Jika terdapat kerusakan di satu node maka hal tersebut akan menganggu seluruh jaringan yang ada, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan cincin ganda atau dual ring.
  2. Pengembangan jaringan dirasa kurang fleksibel, dikarenakan untuk memindahkan, menambahkan serta mengubah perangkat jaringan akan mempengaruhi seluruh jaringan.
  3. Komunikasi data akan sangat tergantung dari jumlah node yang ada di dalam jaringan.

2. Topologi Bus



Topologi bus yaitu suatu topologi yang media transmisinya memakai kabel tunggal atau kabel pusat tempat yang menghubungkan client serta server. Topologi bus ini menggunakan kabel BNC serta dibagian ke-2 ujungnya mesti di beri terminator. Sesungguhnya Topologi ini cukup simpel dan gampang diakukan, namun sekarang ini sudah banyak ditinggalkan karena padatnya lalulintas data apabila ada satu node yang rusak jadi semua jaringan tak dapat berperan.

Kelebihan Topologi Bus

  • Lebih Irit kabel, lantaran media transmisinya cuma menggunakan kabel tunggal dan terpusat hingga tak membutuhkan kabel yang banyak. 
  • Memiliki Layout kabel yang simpel, dalam pemasangan topologi bus skema serta rancangan kabel yang digunakan sangatlah simpel hingga pemasangannya lebih gampang. 
  • Gampang di kembangkan, lantaran dalam pengembangan jaringan computer baik client ataupun server dapat dikerjakan dengan gampang tanpa ada mengganggu computer lain.
Kekurangan Topologi Bus

  • Susah mengidentifikasi kekeliruan bila jaringan alami masalah. 
  • Lalu lintas data padat lantaran topologi bus memakai kabel terpusat juga sebagai transmisi. 
  • Bila ada satu diantara client yang rusak, maka jaringan tidak bisa berperan. 
3. Topologi Star

 Topologi Star merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Masing- masing workstation di hubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich. Intinya topologi ini mengunakan Hub/Switch untuk menghubungkan dari komputer satu ke komputer yang lain. Hub/ Switch berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari kopmputer dan meneruskan ke semua komputer yang terhubung dengan Hub/Swich tersebut.Topologi jaringan Star termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Kelebihan Topologi Star
  • Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
  • Tingkat keamanan termasuk tinggi.
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.

Kekurangan Topologi Star
  • Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.
  • Boros dalam pemakaian kabel.
  • HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat.

4. Topologi Mesh

Topologi mesh merupakan topologi jaringan komputer yang menghubungkan semua komputer secara penuh, topologi ini adalah topologi yang paling komplek dibanding dengan topologi jaringan lainnya. Topologi jenis ini banyak digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP). Konsep dari topologi ini adalah setiap komputer dalam jaringan saling terhubung satu sama lain sehingga jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer tidak berpengaruh pada komputer lain atau berpengaruh pada jaringan.



Jenis koneksi pada topologi jaringan mesh terdiri dari 2 jenis, kedua topologi mesh tersebut meliputi:

1. Topologi Mesh Fully Connected

Topologi Mesh Fully Connected mempunyai ciri utama dimana setiap komputer dalam jaringan saling terhubung satu sama lain secara penuh. Sebagai contoh jika ada 5 komputer dalam jaringan tersebut maka satu komputer akan terhubung ke 4 komputer lainnya.

2. Topologi mesh partial connected
Pada topologi mesh jenis ini memiliki ciri yaitu setiap komputer dalam jaringan tersebut tidak semua komputer akan terhubung dengan komputer lainnya sehingga ada beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain dan beberapa komputer tidak saling berhubungan.

Kelebihan Topologi Mesh

* Topologi mesh dapat dengan cepat mendeteksi kesalahan atau gangguna dalam jaringan komputer.
* Topologi mesh meningkatkan keamanan data yang di sharing dalam jaringan komputer tersebut.
* Topologi mesh sangat aman dari gangguan oleh komputer lain yang mengalami masalah dalam jaringan.

Kekurangan Topologi Mesh

* Proses Instalasi pada topologi mesh sangat rumit sehingga membutuhkan ltenaga ahli dibidang jaringan komputer.
* Topologi mesh membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan topologi jaringan lainnya.
* Topologi ini kurang praktis, sehingga tidak cocok untuk keperluan sehari-hari.

5. Topologi Tree
Topologi Tree adalah sebuah topologi jaringan komputer yang merupakan kombinasi dari topologi bus dan topologi star. Dalam menyusunannya topologi ini menggunakan topologi bus sebagai tulang punggung jaringan yang menghubungkan beberapa topologi jaringan star. Topologi jaringan tree juga banyak disebut dengan topologi bertingkat karena pada penggunaanya topologi tree digunakan untuk interkoneksi antar hirarki yaitu hirarki rendah untuk lokasi yang rendah, dan hirarki tinggi untuk lokasi yang tinggi.

Kelebihan Topologi Tree

  1. Topologi tree sangat cocok apabila digunakan untuk jaringan berskala besar.
  2. Topologi tree memungkinkan untuk digunakan untuk jaringan point to point.
  3. Apabila terjadi trouble, topologi jaringan tree sangat mudah untuk diidentifikasi.

Kekurangan Topologi Tree

  1. Apabila terjadi kerusakan pada Hub, semua jaringan akan terganggu.
  2. Topologi ini terbilang sulit dalam merawatnya, hal ini disebabkan oleh banyaknya perancangan pada node.
  3. Aliran data sedikit lebih lambat, karena komunikasi antara komputer satu dengan komputer yang lain, tidak berjalan secara langsung.

6. Topologi Peer to Peer

Topologi Peer to Peer adalah topologi jaringan dalam komputer dimana konsepnya memakai jaringan peer to peer artinya setiap komputer dalam satu jaringan saling berinteraksi satu sama lain tanpa adanya server sehingga setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server itu sendiri.

Topologi jaringan peer to peer selalu diidentikkan dengan topologi jaringan bus akan tetapi bentuk komunikasi dan koneksinya tidak searah seperti halnya yang ada pada topolgi jaringan bus.

Kelebihan Topologi Peer to Peer
  1. Setiap komputer dalam topologi peer to peer dapat memberikan file dan menerima file sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  2. Topologi Peer to Peer lebih mudah untuk diimplementasikan karena banyaknya dukungan dari perangkat keras dan perangkat lunak model terbaru.
  3. Biaya pengadaan lebih murah karena tidak memerlukan komputer server maupun perangkat penghubung jaringan.

Kekurangan Topologi Peer to Peer
  1. Tingakat keamanan kurang terjamin, karena setiap komputer memiliki sistem scurity yang berbeda-beda.
  2. Pengaturan dan konfigurasi jaringan peer to peer lebih rumit.
  3. Topologi Peer to Peer memiliki konsep penyimpanan data pada setiap komputer sehingga jika salah satu komputer mengalami gangguan maka akses data pada komputer tersebut akan terganggu.

7. Topologi Linear
Topologi linier atau biasanya dibilang topologi bus beruntut. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel utama untuk menghubungkan tiap titik sambungan pada setiap komputer atau laptop.

Kelebihan Topologi Linear

- Mudah dikembangkan.
- Menggunakan sedikit kabel.
- Biaya yang murah.
- Tidak memperlukan kendali pusat.
- Sederhana.

Kekurangan Topologi Linear

Memiliki kepadatan lalu lintas yang bisa dibilang cukup tinggi
- keamanan data yang kurang baik

8. Topologi Hybrid

Topologi Hybrid adalah penggabungan dari beberapa (Bisa dua atau lebih) topologi jaringan yang berbeda-beda. Misalkan suatu jaringan yang memakai topologi Ring, lalu digabungkan dengan jaringan lain yang menggunakan topologi Star, maka topologi baru tersebut disebut dengan Topologi Hybrid.

Kelebihan Topologi Hybrid
  • Dapat menggabungkan dari beberapa topologi jaringan yang berbeda-beda.
  • Fleksibel dan efisien, maksudnya dapat diterapkan pada lingkungan jaringan yang berbeda-beda.
  • Aliran data yang terdapat mampu berjalan sempurna.

Kekurangan Topologi Hybrid
  • Dalam pengelolaan jaringan cenderung sulit, karena penggabungan dari beberapa topologi bisa menyebabkan struktur jaringan akan menjadi rumit dan sulit juga untuk dipahami.
  • Biayanya juga cukup mahal, karena kita harus membutuhkan beberapa topologi untuk digabungkan.
  • Dalam instalasi dan konfigurasi jaringan susah, karena ketika kita menghubungkan beberapa topologi yang berbeda dan di waktu yang sama kita juga memastikan bahwa node harus berjalan dengan baik.


Tugas Jaringan Komputer
Nama : Nuning Mardiyanti
Nim : 12164767
Kelas : 12.5A.21


dikutip dari :
1. https://www.google.co.id/amp/s/www.nesabamedia.com/pengertian-topologi-ring/amp/
2. pangeranarti.blogspot.com/2015/11/pengertian-topologi-bus-beserta.html?m=1
3. https://vengenzblog.blogspot.com/2013/03/pengertian-karakteristik-kelebihan.html?m=1
4. www.teorikomputer.com/2015/05/pengertian-topologi-mesh.html?m=1
5. https://www.google.co.id/amp/s/www.utopicomputers.com/amp/pengertian-topologi-tree-serta-kelebihan-dan-kekurangannya
6. www.teorikomputer.com/2015/04/pengertian-topologi-jaringan-peer-to.html?m=1
7. www.laptopsiipat.com/2017/12/pengertian-karakteristik-kelebihan-kekurangan-topologi-linier.html?m=1
8. https://www.feritekno.com/2017/12/pengertian-topologi-hybrid-beserta.html?m=1

Komentar